Selasa, 04 Agustus 2015

INDAHNYA PAPUA

 -Papua merupakan wilayah indonesia bagian paling timur yang menyimpan potensi alam dan wisata yang luar biasa. Raja Ampat yang terkenal di seluruh dunia merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di papua. Untuk menentukan tujuan tempat wisata di Papua anda tak perlu bingung.

Tidak harus pergi ke luar negeri untuk menikmati tempat wisata yang indah. Cobalah datang ke Papua, tempat ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik. Mulai dari pemandangan bawah laut, pemandangan pegunungan hingga kearifan lokal yang semua itu bisa membuat kita terpesona. Objek wisata di Papua secara umum menampilkan suatu pemandangan alam yang masih sangat alami. Lebih jelasnya berikut kami sajikan ulasan mengenai lokasi wisata di papua.

 

 1  Raja Ampat
Tempat Wisata Papua - Raja Ampat
Hampir semua orang di negara kita pernah mendengar nama Raja Ampat meskipun kebanyakan dari mereka belum pernah datang kesini. Raja ampat merupakan destinasi wisata di Papua yang sangat terkenal, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Terdapat kurang lebih 1.511 jenis ikan dan penyu laut, kegiatan yang paling menarik di salah satu tempat wisata di Papua ini adalah menyelam. Waktu terbaik untuk menyelam yaitu pada bulan Oktober-November, ini dikarenakan cuaca pada bulan ini sangat bagus sehingga air menjadi jernih dan jarak pandang menjadi semakin dekat. selain menyelam kita juga bisa membeli pernak-pernik khas Papua disini.

 2  Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Tempat Wisata Papua - Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman ini terletak di Kabupaten Wondama dan Kabupaten Nabire. Taman nasional yang merupakan salah satu tempat wisata di Papua ini mempunyai luas kurang lebih 1.453.500 hektar ini sebagian besar berupa perairan. Tempat ini merupakan salah satu kawasan konservasi laut terbesar di negara kita, Indonesia. Karena mempunyai wilayah yang sangat luas, jadi bukanlah yang yang aneh bila tempat ini mempunyai berbagai jenis binatang laut yang sangat banyak macam dan jenisnya. 206 jenis ikan dan 196 jenis moluska terdapat disini. Untuk menikmati keindahan bawah laut serta berkontraksi dengan hewan didalamnya anda bisa menyelam ke dasar laut yang tidak terlalu dalam. Terdapat beberapa pulau kecil di sekitar Taman Nasional Teluk Cendrawasih antara lain: pulau Mioswaar, pulau Yoop, pulau Numfor dan pulau-pulau kecil lainnya. Kegiatan menjelajahi pulau-pulau kecil ini merupakan kegiatan yang tidak boleh terlewatkan. Objek wisata di Papua yang satu ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Teluk cendrawasih juga merupakan taman nasional yang dilindungi oleh negara. Akan tetapi anda masih bisa datang untuk melihat eksotisme alam teluk cendrawasih. Daerah ini merupakan kawasan konservasi air terbesar di indonesia. di teluk ini ada berbagai macam hiu, penyu, kura kura bahkan lumba-lumba hidup dikawasan ini. Berbagai satwa itu bisa anda temui saat anda melakukan penyelaman di kawasan teluk cendrawasih. Objek wisata yang satu ini benar benar eksotis dengan alam yang begitu khas. Bahkan di pulau teluk ini terdapat gua dengan sumber air panas didalamnya.

 3  Danau Sentani
Tempat Wisata Papua - Danau Sentani
Danau ini merupakan danau yang paling terkenal di papua. Keindahan dan keelokan danau sentani telah terkenal hingga ke penjuru dunia. Tempat wisata di papua ini menyuguhkan pemandangan alam danau sentani yang memukau. Di danau ini terdapat 21 pulau berada pada ketinggian 75 meter. Anda bisa menikmati danau dengan berkeliling menyewa perahu, berenang hingga memancing. Selain itu anda bisa melakukan wisata kuliner di papua dengan mencoba berbagai resto atau warung yang ada di sekitar danau.

Danau ini mempunyai pemandangan yang sangat indah yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Kegiatan memancing dan berenang adalah kegiatan yang paling disukai oleh para wisatawan, selain itu wisatawan juga bisa bermain perahu, berfoto ria maupun hanya sekedar duduk menikmati pamandangan saja. Hal menarik yang paling ditunggu oleh para wisatawan yaitu festival Danau Sentani. Acara ini diadakan pada pertengahan bulan Juni. Berwisata ke Papua belum lengkap rasanya bila belum menikmati festival Danau Sentani

 4  Lembah Baliem
Tempat Wisata Papua - Lembah Baliem
Lembah Baliem merupakan salah satu tempat wisata di Papua yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya. Lembah Baliem dihuni oleh suku yani, lani dan suku dani. Lembah ini terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut, hal ini membuat suhu disini sangat sejuk. Festival Lembah Baliem merupakan acara yang sangat menarik bagi wisatawan. Festival ini diadakan pada bulan Agustus selama tiga hari dengan menceritakan perang antar suku sebagai skenarionya.

Disini anda akan menikmati suasana etnik asli masyarakat suku dani di papua. Setiap bulan agustus lembah baliem ramai oleh para wisatawan. Biasanya para wisatawan ini ingin menyaksikan festival lembah baliem yang diadakan oleh warga sekitar. Tempat wisata yang satu ini memang menyuguhkan pengalaman berwisata sekaligus menikmati budaya masyarakat suku asli papua.

 5  Desa Wisata Sauwandarek
Tempat Wisata Papua - Desa Wisata Sauwandarek
Tempat wisata di papua memang menyuguhkan wisata budaya dan alam yang begitu eksotis dan unik. Di desa wisata sauwandarek anda bisa tinggal dengan masyarakat suku asli papua yang tinggal di pesisir pantai. Desa wisata ini berada pada daerah kabupaten raja ampat. Selain tinggal dengan warga asli papua, di desa wisata ini anda juga bisa bisa melakukan snorkeling, berenang dan memancing. Di desa ini juga terdapat telaga yenauwyau yang berair asin.

 6  Puncak Jayawijaya
Tempat Wisata Papua - Puncak Jayawijaya
Salah satu tujuan wisata di Papua yang masuk dalam 7 puncak incaran para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia adalah Puncak Jayawijaya. Salah satu tempat wisata alam yang letaknya di Taman Nasional Laurentz ini mempunyai panorama yang sangat indah dan puncaknya selalu tertutup oleh salju.

 7  Danau Paniai
Tempat Wisata Papua - Danau Paniai
Selain Danau Sentani, Danau Paniai juga menjadi pilihan wisata yang ada di Papua. Danau ini juga pernah disebut sebagai danau paling indah di Konferensi Danau Se-Dunia yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2007 di India dan diikuti 157 negara. Danau ini terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas danau 14.500 hektar. Anda dapat menikmati pemandangan sangat cantik saat senja serta melihat burung-burung berterbangan di atas danau, siluet tebing-tebing ditambah perahu nelayan yang telah pulang. Fasilitasnya pun terbilang lengkap, seperti pemandu, sewa perahu, pos jaga dan alat pancing, hingga warung makan di sekitar danau.

Tempat wisata di papua yang eksotis untuk anda kunjungi diatas menampilkan pamandangan yang sangat alami yang merupakan ciri khas dari tempat wisata di daerah itu. Sekian informasi singkat mengenai wisata papua, semoga dapat bermanfaat kepada pembaca  dalam menentukan objek wisata yang akan dikunjungi saat berada di Papua.







SUMBER : GOOGLE.COM
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Badge

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support